aksi sambut obama

Kepolisian Daerah Metro Jaya tidak akan melarang aksi unjuk rasa berkaitan dengan kedatangan Presiden Amerika Serikat Barack Hussein Obama, 9-10 November nanti. Kapolda Metro Jaya Irjen Sutarman menyatakan, demo adalah kegiatan yang diatur dalam Undang-undang.

“Demo itu kan penyampaian pendapat di muka umum, sudah diatur dalam Undang-undang. Itu hak setiap warga negara, polisi tidak bisa melarang,” kata Sutarman.

Hal itu diungkapkan Sutarman usai membuka Rapat Koordinasi Criminal Justice System Dalam Rangka Penanganan Penyalahgunaan Narkotika di Hotel Kartika Chandra, Jalan Gatot Subroto, Kamis (4/11/2010).

Sutarman mengungkapkan, pihaknya telah mensinyalir akan adanya pergerakan unjuk rasa yang kontra terhadap kunjungan Obama. Pihak intelijen Polda Metro telah menginventarisir organisasi massa mana saja yang akan turun ke jalan nanti.

“Masyarakat yang menolak, pasti ada. Kita masih menginventarisir kelompok-kelompok yang menolak,” katanya.

Meski tidak dilarang, Kapolda mengimbau agar para pengunjuk rasa tidak bertindak anarkis. Masyarakat diimbau untuk menyambut baik kedatangan Obama nanti.

“Kedatangan kepala negara siapapun, kita sambut dengan baik, dengan ramah tamah. Tunjukkan kalau kita bangsa yang berbudaya, sopan dan ramah,” tuturnya.

Lebih jauh Sutarman mengatakan, pihaknya juga mewaspadai segala ancaman dan gangguan keamanan yang mungkin terjadi pada saat kunjungan Obama nanti. Salah satunya ancaman yang diwaspadai adalah aksi terorisme.

“Saya kira, itu pasti kita waspadai. Teroris di Indonesia saya kira, sasarannya siapa, macam-macam, sekalipun tanpa kehadiran kepala negara asing,” kata Sutarman.

Menurutnya, jaringan sel terorisme di Indonesia terus menjadi kewaspadaan pihak kepolisian. “Karena sebagian sel terorisme masih hidup di Indonesia,” katanya.

Sementara itu, Polda Metro Jaya menyiagakan 9 ribu personel untuk mengamankan agenda kunjungan kenegaraan itu. Namun, Sutarman mengaku tidak mengetahui rute mana saja yang menjadi obyek pengamanan Polda Metro.

“Tempat-tempat mana saja sedang dibahas, belum ada keputusan,” katanya.

Karena kunjungan Obama adalah kunjungan kenegaraan, sehingga pengamanan dilakukan di bawah kendali Pangdam Jaya. “Berlaku protap pengamanan, itu di bawah kendali Pangdam,” katanya.

sumber :koranbaru.com

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s