permainan boi-boinan

permainan tradisional

Yup permainan ini saya temukan dipedesaan di kabupaten ngawi tepatnya di dsn.cangaan sekarepetak ds.kawu kec.kedunggalar.

Meski permainan ini jarang anak-anak daerah situ mainkan tapi juga masih meraka mainkan dan tidak mereka lupakan cara-caranya.

“boi-boinan” merupakan permainan yang tak mengeluarkan biaya sedikitpun karena hanya menggunakan 1 bola kasti bekas, dan tumpukan pecahan genteng.

Dan bisa dimainkan 4 anak atau lebih,,,,dan bagaimana cara memainkanya? Disini saya ingin memberitahukan caranya.

1. anak-anak yang ingin bermainkan mengadakan pembagian pemain dengan cara “hompimpah”

2. setelah pemain dibagi menjadi 2 bagian maka yang terlebih dahulu akan melemparkan bola kasti ke tumpukan genteng dan yang kalah jaga di belakang dan di depan.

3. apabila bola tersebut tidak dapat merubuhkan genteng tadi maka yang melempar bergantian dengan temanya dan apabila tidak kena juga maka bergantian dengan lawanya, kemudian apabila bisa merubuhkan maka mereka berlarian mengindari bola yang dilempar lawan tapi mereka harus masih dalam garis permainan dan apabila ada yang keluar maka mereka dianggap mati..

, , bola yang dilempar lawan itu bergantian dari depan ke belakang intinya para lawan harus dapat menghbiska orang yang ada didalam garis dengan menggunakn bola, apabial bola itu melesat jauh maka orang yang ada didalam berusaha menumpuk kembali genteng yang telah rubuh, tapi jangan sampai terkena bola yang sedang diambil. Apabila genteng telah tertumpuk kembali mereka yang ada didalam garis bersorak “BOOOOi” maka permainan berulang dan apabila orang yang ada dalam kotak tadi habis terkena bola, mereka mendapat giliran jaga.

Yoowman sesh!!!! Seperti itulah permainan dari daerah mungkin asing buat anda karena mungkin belum familier ,,tapi itulah salah satu contoh permainan asli INDONESIA man….

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s